Rekosistem

Rekosistem East Venture Summit 2023

30 Juli 2023

Rekosistem di East Venture Summit 2023: Gelar Aksi Beach Clean Up di Labuan Bajo

Pada tanggal 25-27 Juli 2023, East Ventures menyelenggarakan acara tahunan East Venture Summit 2023 yang menyatukan Limited Partners, mitra, founders, dan anggota ekosistem East Ventures. Acara ini menyajikan rangkaian kegiatan dan diskusi yang berfokus pada perkembangan ekosistem start-up di Indonesia. Tidak hanya itu, East Venture Summit 2023 juga memberikan kesempatan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat, termasuk Rekosistem.

#BersihBersihBajo Rekosistem East Venture Summit 2023

#BersihBersihBajo di Beberapa Lokasi di Labuan Bajo

Sebagai bagian yang aktif dan berkomitmen pada isu lingkungan, Rekosistem turut berperan nyata dalam menjaga lingkungan. Pada 24 Juli, Rekosistem bekerja sama dengan Kole Project Labuan Bajo untuk melaksanakan kegiatan beach clean up di beberapa lokasi di Labuan Bajo. #BersihBersihBajo. Kegiatan #BersihBersihBajo diawali di Pantai Padar Selatan di Pulau Padar. Sayangnya, pantai yang indah ini tercemar oleh sampah domestik yang terbawa arus, khususnya sampah plastik. Tak hanya melibatkan tim dari Rekosistem, namun juga melibatkan Balai Taman Nasional Komodo Rangers dan murid dari sekolah lokal dalam kegiatan beach clean up. Tidak hanya membersihkan pantai, tim Rekosistem juga turut menyisir savana Pink Beach, yang merupakan salah satu daya tarik utama di Pulau Padar. Setelah membersihkan Pulau Padar, tim Rekosistem melanjutkan perjalanan ke Pink Beach. Sebanyak 42.1% dari sampah yang terkumpul merupakan sampah anorganik, yang umumnya meliputi bahan-bahan non-biodegradable seperti plastik, kaca, dan logam. Sementara itu, 57.9% sisanya merupakan sampah residu. Selain membersihkan pantai, Rekosistem dan East Ventures juga berperan aktif dalam mendukung upaya daur ulang dan penanganan sampah yang lebih bertanggung jawab. Dalam aksi #BersihBersihBajo, Rekosistem dan East Ventures menyumbangkan tempat sampah kepada masyarakat Labuan Bajo melalui Kole project Langkah ini diharapkan dapat mendorong kebiasaan positif yang berdampak pada lingkungan dan masyarakat setempat.

Ernest Christian Layman CEO Rekosistem at East Venture Summit 2023

East Venture Summit 2023

Tidak hanya berfokus pada kebersihan pantai, Rekosistem juga berperan aktif dalam mengumpulkan sampah dari seluruh rangkaian acara East Venture Summit. Pada tanggal 25 Juli 2023, partisipan melakukan sesi penanaman karang di Pantai Waecicu. Selain itu, momen networking di tengah indahnya pemandangan matahari terbenam di Labuan Bajo membuat acara ini menjadi momen yang berkesan dan penuh inspirasi. Keesokan harinya pada tanggal 26 Juli 2023 menjadi kesempatan bagi founders untuk melakukan sesi pitching “Pitching by The Sea™”. Dari rangkaian kegiatan East Venture Summit 2023, sekitar 34.1% dari sampah yang terkumpul merupakan sampah anorganik. Sedangkan sampah organik mencakup sekitar 48.7% dari total sampah sementara sisanya, 17.2%, merupakan sampah residu. Lebih dari 1.000 kilogram sampah berhasil berhasil diambil dari tepi pantai selama program bersih-bersih dan rangkaian acara East Venture Summit 2023. Sampah yang terkumpul kemudian diangkut untuk didaur ulang oleh tim Kole Project dan badan lingkungan hidup setempat. Dengan partisipasi aktif dalam East Venture Summit 2023, Rekosistem menegaskan komitmen sebagai bagian dari East Venture dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.